Review

Story

Tips

Bad Seller

by - 11/15/2020 05:23:00 PM

Jadi bulan lalu gue beli abon ikan dari salah seorang seller di Surabaya. Murah sih deskripsinya 180gr cuma Rp 12.800 dan udah terjual lebih dari 500 makanya dulu gue beli 2 bungkus tapi rasanya ga cocok sama gue bahkan ga cocok pula sama Riki & bokap gue -_- rasanya kayak masih amis gitu dan kurang kering untuk ukuran abon, abon tipe kayak gini biasanya kurang awet & cepat berjamur. Alhasil buat campuran makanan piaraan deh ckckck. Gue tadinya pengen kasih kritik ulasan ke produk dia tapi gue liat orang yg kasih review kurang bagus dibales sama sellernya kalo pembelinya kurang pintar...kesannya gamau disalahin gitu...gamau dikritik jadinya gue males kasih review ke dia....padahal kritik & saran penting loh untuk kemajuan bisnismu sendiri, tapi karena dia gamau dikritik yaudahlah ya biarin aja dia pertahanin rasa abon & ketahanan abon yg demikian, toh kalo pembeli pada kecewa dia sendiri yg rugi. Berikut balesan2 dia ke pembeli yg kasih bintang 1 👇👇👇


Kalo gasalah iya emang gapake bubble wrap pas gue terima juga waktu itu, ga ada yg rusak sih. Tapi lihat deh balasan dia ke pembeli ga sopan banget seperti "yg rusak kan hanya satu", "mau minta dipacking pake apa? besi?", "hargai kita sbg penjual", "jangan asal ngasih rating jelek kalau bukan kesalahan kami", & "belajar terlebih dahulu baru belanja". Gue sih kalo jd sellernya mending gausah gue respon daripada kasih balasan kayak gitu yg tentunya membuat calon pembeli lain jd ragu untuk membeli karena sellernya ga sopan. Harusnya dijadikan bahan evaluasi kedepannya dengan menambahkan bubble wrap apalagi kalau pembelinya dari luar kota. Ya kalo dia gabisa hargai kritik pembeli bagaimana pembeli mau hargai seller.

Pembeli cuma memberi sepatah kalimat langsung dibalas dengan pembelaan anti kritik yg panjang kali lebar wkwk. Btw kecut udah lama sama kecut jeruk nipis beda lohh jadi belum tentu pembeli asal2an kasih review. Minta dihargai tapi kalo rasa gaenak masa harus kasih bintang 5 sih mas??? Jangan maunya dikasih bintang 5 terus dong. Restoran besar aja banyak loh yg terima dikritik bahkan sekelas KAI yg belum lama ini ada yg kritik harga makanannya mahal aja malah kasih bingkisan ke pengkritiknya meski harga makanan di kereta menurut gue masih wajar ya namanya di kereta.

Ini lumayan sopan loh kritiknya tapi masih bela diri juga. "Padahal kan barangnya bagus hanya masalah berat timbangan saja".....heyyy 180gr ke 124gr lumayan loh perbedaannya 56gr...untuk abon ikan 100gr sama 150gr udah pasti beda harganya. Dimana-mana kan seller selalu nyuruh untuk baca deskripsi, nah alhasil deskripsi itulah yg jd pedoman pembeli sebelum check out. Lah kalo deskripsinya ga tepat trus sellernya beralasan mengalami perubahan berat lalu pembeli kudu piye :(

Kalo kata gue sih sellernya gabisa hargai pembeli...lihat aja digambar ini pembelinya udah beli banyak loh tapi sellernya malah bilang kurang pintar :) semestinya sih kalau lihat ada beberapa pembeli kasih bukti kalau berjamur ya jadi bahan evaluasi kalo abon dia kurang awet, harus ada yg diubah agar lebih awet karena abon dia teksturnya kurang kering.
































Sayangnya gue sebelum beli belum sempet liat balesan dia yg kayak gambar2 diatas ini, kalo lihat ga jadi beli wk. Cuma sempet liat yg kasih review bagus aja. Buat para seller diluar sana jangan bad attitude kayak seller ini ya, kalo dikritik harus dijadikan bahan evaluasi kecuali kalau penghinaan seperti dibilang seller tolol, idiot, dsbg. Lah kalau kritiknya masih sopan dan seputar barang yg dijual ga perlu lah kalian balas dengan kata2 seperti seller diatas. Kalaupun kalian gasuka dengan kritiknya maka tidak perlu dibalas, jika membalas dengan bahasa yg tidak sopan maka kalian sendiri yg rugi karena pasti calon pembeli lain jadi mikir dua kali sebelum membeli. Dalam bisnis tidak hanya harga yg murah & kualitas barang saja yg jadi patokan namun kesopanan seller juga penting. Tidak sedikit orang yg lebih memilih membeli barang yg sedikit lebih mahal tapi sellernya santun ketimbang yg murah namun seller tidak santun.

You May Also Like

0 comments